10 Tanaman Hias Outdoor untuk Teras Rumah dan Taman Mungil

Share this Article

Teras rumah adalah ruang eksterior yang berpotensi untuk dijadikan area yang indah dan nyaman. Salah satu cara terbaik untuk menghiasi teras adalah dengan menambahkan tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga menyegarkan udara dan menciptakan atmosfer yang menenangkan. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman hias yang cocok untuk mempercantik teras rumah Anda.

Kaktus

Kaktus adalah tanaman hias yang populer dan tahan lama. Mereka sangat cocok untuk teras yang terpapar sinar matahari langsung. Kaktus memiliki beragam bentuk dan ukuran yang menarik, mulai dari yang kecil dan berbulu hingga yang besar dengan duri yang mencolok. Mereka tidak membutuhkan banyak perawatan, cukup sediakan mereka dengan paparan sinar matahari yang cukup dan air secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak.

Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias elegan dengan bunga yang indah. Mereka memberikan sentuhan keanggunan pada teras rumah Anda. Anggrek membutuhkan cahaya yang terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang terlalu intens. Airi anggrek secara teratur tetapi hindari terlalu banyak air agar akar tidak membusuk. Mereka akan memberikan bunga-bunga yang spektakuler sebagai hadiah atas perawatan yang baik.

Lidah Mertua

Lidah Mertua atau Sansevieria adalah tanaman hias yang populer dan tahan lama. Mereka memiliki daun tegak yang indah dengan pola yang menarik. Lidah Mertua dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah dan toleran terhadap kekeringan. Mereka adalah pilihan yang sempurna untuk teras yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Selain itu, lidah mertua juga terkenal karena kemampuannya untuk menyaring udara dari polutan dan memberikan udara yang lebih segar di sekitar teras.

Lavender

Lavender adalah tanaman hias yang harum dengan bunga ungu yang indah. Mereka memberikan aroma yang menenangkan dan tampilan yang menarik pada teras rumah Anda. Lavender menyukai sinar matahari penuh, jadi pastikan teras Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Mereka juga membutuhkan tanah yang baik drainasenya agar tidak tergenang air.

Artikel Terkait:  13 Jenis Syngonium dan Cara Merawatnya

Palem (Areca Palm)

Palem adalah tanaman hias yang memberikan sentuhan tropis pada teras rumah Anda. Mereka memiliki dedaunan yang lebat dan ramping, menciptakan suasana yang menenangkan. Palem membutuhkan cahaya yang cerah, tetapi hindari paparan sinar matahari langsung yang terlalu intens. Mereka juga menyukai kelembapan, jadi semprotkan sedikit air pada daun mereka secara teratur.

Peperomia

Peperomia adalah tanaman hias kecil dengan berbagai variasi bentuk dan warna daun. Mereka sangat cocok untuk ditempatkan di teras yang teduh atau teras dengan cahaya yang terang namun tidak langsung. Peperomia tidak membutuhkan banyak perawatan dan cukup tahan terhadap kekeringan. Pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang air.

Bunga Matahari (Sunflower)

Bunga Matahari adalah tanaman yang ceria dan menarik perhatian. Mereka memiliki bunga besar dengan kelopak kuning yang menghadap matahari. Bunga Matahari tumbuh subur di tempat terbuka dengan sinar matahari yang cukup, jadi pastikan teras Anda terkena sinar matahari langsung. Mereka membutuhkan perawatan yang cukup dalam hal penyiraman dan pemupukan untuk menghasilkan bunga yang subur.

Begonia

Begonia adalah tanaman hias dengan berbagai warna bunga yang indah dan daun yang menarik. Mereka tumbuh baik dalam cahaya yang terang namun tidak langsung, menjadikannya pilihan yang baik untuk teras yang teduh. Begonia menyukai tanah yang lembab tetapi tidak basah, jadi pastikan untuk menyiraminya dengan cukup tetapi jangan terlalu banyak.

Kalanchoe

Kalanchoe adalah tanaman hias berbunga yang tahan lama dan mudah dirawat. Mereka memiliki bunga yang cantik dan tersedia dalam berbagai warna, seperti merah, oranye, dan kuning. Kalanchoe menyukai sinar matahari yang terang, tetapi juga dapat tumbuh di tempat yang teduh. Airi tanah saat permukaannya mulai kering, tetapi jangan biarkan tergenang air.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Daun, Manfaat dan Cara Perawatannya

Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias merambat yang sangat populer. Mereka memiliki daun yang indah dan tumbuh subur dengan perawatan yang minimal. Philodendron dapat ditempatkan di teras yang terkena sinar matahari terang atau teduh. Mereka menyukai tanah yang lembab tetapi tidak terlalu basah.

Kesimpulan: Menambahkan tanaman hias ke teras rumah adalah cara yang sempurna untuk menciptakan suasana yang indah dan menyegarkan. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan sepuluh tanaman hias yang cocok untuk teras rumah Anda, termasuk kaktus, anggrek, lidah mertua, lavender, palem, peperomia, bunga matahari, begonia, kalanchoe, dan philodendron. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan gaya Anda untuk menciptakan teras yang menarik, indah, dan menyegarkan. Dengan merawat dan memberikan perhatian yang cukup, tanaman-tanaman ini akan memberikan keindahan yang berkelanjutan dan membuat teras Anda menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,