10 Jenis Tanaman Puring dengan Corak Cantik yang Memukau

Share this Article
Tanaman puring

Puring, atau Codiaeum variegatum, merupakan salah satu tanaman hias populer yang dikenal karena corak daunnya yang menarik dan warna yang memukau. Tanaman puring berasal dari daerah tropis Asia Tenggara dan Australia, dan sekarang telah menjadi favorit di berbagai penjuru dunia sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor. Kekayaan corak dan warna pada daunnya membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk menghiasi taman, pekarangan, atau bahkan interior rumah. Dalam artikel ini, kita akan mengenalkan sepuluh jenis tanaman puring dengan corak cantik yang memukau, serta beberapa tips perawatan agar tanaman-tanaman ini tetap sehat dan indah.

Jenis-Jenis Tanaman Puring

Puring Petra

Puring Petra adalah salah satu jenis puring yang paling populer. Tanaman ini memiliki daun dengan kombinasi warna cerah seperti kuning, merah, hijau, dan jingga. Puring Petra tumbuh dengan tegak dan daunnya yang besar membuatnya cocok sebagai tanaman latar belakang di kebun atau sebagai sentral taman berkontur.

Puring Zanzibar

Puring Zanzibar memiliki daya tarik tersendiri dengan corak daunnya yang menarik perhatian. Daunnya berwarna merah marun dengan garis-garis kuning dan hijau di sepanjang tepiannya. Selanjutnya tanaman ini sangat cocok untuk menambahkan sentuhan eksotis pada taman atau ruang dalam rumah Anda.

Puring Mammey

Puring Mammey memiliki daun berwarna merah muda, hijau, dan kuning yang sangat menarik. Perpaduan warna ini memberikan kesan elegan dan menambahkan nuansa segar di sekitar tanaman. oleh karena itu Puring Mammey cocok diletakkan sebagai hiasan di meja atau rak di dalam ruangan.

Puring Batik

Jenis puring ini memiliki corak daun yang menyerupai motif batik, dengan perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan oranye. Puring Batik menambahkan sentuhan keindahan artistik pada taman atau pekarangan Anda. Tanaman ini akan semakin menarik saat ditempatkan dalam pot gantung atau ditempelkan di dinding.

Puring Golden Girl

Puring Golden Girl memiliki warna dasar kuning emas yang menawan, dengan sentuhan warna hijau di bagian tengah daunnya. Kombinasi warna yang cerah ini membuatnya menjadi sorotan di taman dan memancarkan kehangatan.

Artikel Terkait:  7 Alasan Mengapa Bunga Lily Pilihan Terbaik

Puring Red Iceton

Puring Red Iceton memiliki daun berwarna merah terang yang mencolok, dengan urat daun berwarna cerah seperti oranye atau kuning. Maka dari itu tanaman ini memberikan aksen menarik dalam taman dan tumbuh subur dengan sinar matahari yang cukup.

Puring Tapestry

Puring Tapestry menampilkan corak daun yang rumit, mirip dengan sebuah karya seni lukisan abstrak. Warna merah, hijau, kuning, dan oranye berpadu dalam harmoni yang memukau. Tanaman ini akan menambahkan nuansa artistik di taman atau ruangan Anda.

Puring Banana Split

Puring Banana Split memiliki corak daun yang menarik dengan warna kuning cerah di bagian tengah dan hijau di pinggirnya. Penampilannya seperti pisang yang sedang dibelah, membuatnya menjadi pilihan menarik sebagai tanaman hias.

Puring Neon

Sesuai dengan namanya, Puring Neon memiliki warna yang mencolok seperti neon, dengan perpaduan warna merah, hijau, kuning, dan oranye yang mencuri perhatian. Tanaman ini memberikan sentuhan ceria pada taman atau ruangan Anda.

Puring Picasso

Puring Picasso memiliki corak unik yang menyerupai karya seni lukisan abstrak. Perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan putih menciptakan tampilan yang menakjubkan. Oleh karena itu Puring Picasso akan menjadi fokus perhatian di mana pun Anda menempatkannya.

Tips Perawatan Tanaman Puring

Agar tanaman puring tetap indah dan sehat, perhatikan beberapa tips perawatan berikut ini:

  1. Penyiraman: Pastikan tanaman puring Anda mendapatkan penyiraman yang cukup. Selalu cek kelembaban tanah sebelum menyiramnya kembali. Namun jangan biarkan tanah terlalu kering atau tergenang air.
  2. Sinar Matahari: Puring membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi hindari sinar matahari langsung yang terlalu terik. Maka letakkan tanaman di tempat yang mendapat sinar matahari pagi atau sore.
  3. Pemupukan: Berikan pupuk secukupnya untuk mendukung pertumbuhan dan warna daun yang optimal. Maka pilih pupuk yang khusus untuk tanaman hias dengan kandungan unsur hara lengkap.
  4. Pemangkasan: Pemangkasan akan membantu menjaga bentuk dan kelenturan tanaman puring. Lakukan pemangkasan secara teratur untuk menghilangkan daun-daun kering atau rusak.
  5. Pencegahan Hama dan Penyakit: Perhatikan kesehatan tanaman dan lakukan langkah pencegahan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Jika diperlukan, gunakan pestisida organik yang aman bagi tanaman.
  6. Perhatikan Kebersihan: Bersihkan daun-daun yang kotor atau berdebu dengan lap lembab secara rutin. Daun yang bersih akan membantu tanaman lebih efisien dalam menyerap sinar matahari.
Artikel Terkait:  10 Jenis Tanaman Anthurium yang Menawan

Dengan perawatan yang tepat, tanaman puring dengan corak cantik yang memukau ini akan memberikan keindahan dan kesegaran di sekitar Anda. Pilih jenis puring favorit Anda, tumbuhkan dengan penuh kasih sayang, dan nikmati pesona warna dan keindahan yang dihadirkannya dalam taman atau ruangan Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,