10 Jenis Tanaman Anthurium yang Menawan

Share this Article
Jenis tanaman anthurium

Tanaman anthurium adalah salah satu tanaman hias populer yang terkenal dengan keindahan bunga-bunganya yang unik dan menarik. Terdapat banyak jenis tanaman anthurium yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 jenis tanaman anthurium yang paling menawan dan memberikan panduan lengkap tentang cara merawat tanaman hias yang populer ini.

Anthurium Scherzeri

Terkenal sebagai tanaman flamingo atau tanaman bunga api, memiliki bunga berbentuk segitiga dan berwarna merah terang. Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 30 cm dan lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan.

Anthurium Andraeanum

Anthurium andraeanum memiliki bunga berbentuk hati dan berwarna merah muda hingga putih. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur dan cocok untuk ditanam di dalam ruangan atau di luar ruangan yang teduh.

Anthurium Clarinervium

Anthurium clarinervium memiliki bunga berbentuk hati dan dedaunan hijau gelap dengan urat-urat putih. Tanaman ini lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan dan membutuhkan banyak sinar matahari yang tidak langsung.

Anthurium Regale

Anthurium regale memiliki bunga berbentuk corong dan berwarna putih dengan tepi merah muda. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup untuk tumbuh subur dan lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan.

Anthurium Vittarifolium

Anthurium vittarifolium memiliki bunga berbentuk hati yang kecil dan dedaunan hijau gelap dengan urat-urat putih yang mencolok. Tanaman ini lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan dan membutuhkan sinar matahari yang tidak langsung.

Anthurium Warocqueanum

Anthurium warocqueanum, terkenal sebagai tanaman queen anthurium, memiliki bunga berbentuk corong yang besar dan berwarna merah keunguan. Tanaman ini lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan dengan sinar matahari yang tidak langsung.

Anthurium Jenmanii

Anthurium jenmanii memiliki bunga berbentuk hati dan dedaunan hijau gelap dengan urat-urat putih yang mencolok. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup dan lebih cocok kamu tanam di dalam ruangan dengan sinar matahari yang tidak langsung.

Artikel Terkait:  Menjelajahi Keindahan Varietas Tanaman Anthurium

Anthurium Veitchii

Anthurium veitchii memiliki bunga berbentuk corong yang besar dan berwarna hijau kebiruan. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup dan lebih cocok ditanam di dalam ruangan dengan sinar matahari yang tidak langsung.

Anthurium Crystallinum

Anthurium crystallinum memiliki dedaunan hijau gelap dengan urat-urat putih yang mencolok dan permukaan daun yang berkilau seperti kristal. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup dan lebih cocok ditanam di dalam ruangan dengan sinar matahari yang tidak langsung.

Anthurium Magnificum

Anthurium magnificum memiliki dedaunan hijau gelap dengan urat-urat putih dan permukaan daun yang berserat. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang cukup dan lebih cocok ditanam di dalam ruangan dengan sinar matahari yang tidak langsung.

Cara Merawat Tanaman Anthurium

Setelah mengetahui berbagai jenis tanaman anthurium yang populer, kini saatnya untuk mempelajari cara merawatnya agar tetap subur dan indah. Berikut adalah beberapa tips merawat tanaman anthurium yang perlu Anda ketahui:

Pencahayaan

Tanaman anthurium membutuhkan sinar matahari yang tidak langsung atau cahaya yang redup untuk tumbuh subur. Jika terkena sinar matahari langsung, daun tanaman dapat mengering dan layu. Letakkan tanaman di dekat jendela yang terkena sinar matahari pagi atau sore hari.

Suhu

Suhu ruangan yang ideal untuk tanaman anthurium adalah antara 18-24 derajat Celsius. Jangan letakkan tanaman di dekat AC atau kipas angin karena udara yang terlalu dingin dapat merusak daun.

Kelembapan

Tanaman anthurium membutuhkan kelembapan yang cukup untuk tumbuh subur. Jika kelembapan udara di sekitar tanaman terlalu rendah, Anda dapat meletakkan wadah air di dekat tanaman atau menyemprotkan air ke daun tanaman secara teratur.

Penyiraman

Penyiraman tanaman anthurium sebaiknya dilakukan secara teratur dan cukup. Jangan terlalu sering atau terlalu jarang menyiram tanaman. Pastikan tanah tetap lembab namun tidak terlalu basah.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Hias Agar Sehat dan Tumbuh Subur

Pemupukan

Pemupukan tanaman anthurium sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali menggunakan pupuk cair yang dilarutkan dalam air. Pilihlah pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Perawatan Daun

Membersihkan daun tanaman anthurium secara teratur sangat penting untuk menjaga keindahan dan kesehatan tanaman. Bersihkan daun dengan kain lembut yang dibasahi air atau lap basah untuk menghilangkan debu atau kotoran pada permukaan daun.


Tanaman anthurium adalah tanaman hias yang populer dan menarik dengan berbagai jenis dan variasi warna bunga. Untuk merawat tanaman anthurium agar tetap subur dan indah, pastikan tanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup, suhu ruangan yang sesuai, kelembapan udara yang cukup, penyiraman yang teratur, pemupukan secara berkala, serta perawatan daun yang baik.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,